10 Cara Mengurangi Nafsu Makan dengan Mudah!

Cara mengurangi nafsu makan - Nafsu makan yang berlebihan sering kali membuat program diet terhambat. Oleh karena itu diperlukan cara yang efektif, terutama bagi kaum wanita. Ulasan di bawah ini memaparkan sejumlah tips bagaimana mengurangi nafsu berlebihan secara alami.

cara mengurangi nafsu makan secara alami

Cara Mengurangi Nafsu Makan Secara Alami

Minum air putih secara teratur
Terkadang jika perut kosong, seseorang menganggap hal tersebut berarti lapar. Padahal rasa lapar berbeda dengan dehidrasi, banyak orang yang tidak mengetahuinya. Kemudian spontan ada mengisi perut dengan makanan yang sebenarnya tidak sedang diperlukan tubuh. Oleh karena itu, anda perlu mencermati konsumsi air putih anda setiap hari, sudah cukupkah?

Olahraga
Sebagian orang menganggap bahwa dengan olahraga akan membuat kita semakin lapar. Hal itu tidak benar. Olahraga mampu mengurangi nafsu makan anda!

Sarapan
Jangan pernah melewatkan makan pagi. Sarapan merupakan kunci sukses dalam menjalani aktivitas anda seharian.  Nafsu makan anda akan semakin membesar pada jam siang hari apabila anda melewatkan hal ini. Dan ini tidaklah baik bagi tubuh karena dapat memicu obesitas.

Perbanyak konsumsi protein
Dengan makanan yang rendah kalori dan tinggi akan kandungan protein, maka tubuh akan terbantu dalam mempertahankan energinya. Anda akan mendapatkan tenanga untuk beraktivitas sepanjang hari.

Hindari ngemil berlebihan
Salah satu cara mengurangi nafsu makan ialah dengan menghindari ngemil. Makanan ringan seperti keripik dan coklat apakah termasuk cemilan anda setiap hari? Mulai dari sekarang kurangilah porsi anda memakan cemilan karena dapat mendorong nafsu makan anda.

Makan dengan teratur dan konsumsi teh
Porsi banyak dalam sekali makan sangat tidak dianjurkan, begitu juga dengan makan hanya dua kali sehari. Lebih baik makanlah dengan teratur tiga atau empat kali sehari agar tidak sering merasakan lapar. Konsumsi teh dianggap baik untuk mengganti kebiasaan ngemil anda. Dengan menyeduh teh hangat dua kali sehari dapat membantu anda mengatasi rasa lapar berlebihan. Selain keenam hal di atas, kami juga mengutip informasi dari vemale:

Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan

Buatlah daftar makanan
Agar dapat mengurangi nafsu makan pada jam tertentu, ingatlah apa yang telah anda setiap harinya. Mengingat hal tersebut dapat mendorong kerja hipokampus pada otak. Inilah bagian dari otak besar yang dapat menghambat nafsu makan. Agar kinerja hipokampus tersebut maksimal, buatlah daftar makanan yang hendak anda makan secara rutin. Jangan lupa memasukkan makanan dengan kandungan mineral dan vitamin tinggi seperti pada buah dan sayur.

Bagi Makanan Dalam Jumlah Kecil
Apakah ketika anda melihat makanan kesukaan, anda ingin sekali memakannya walaupun tidak sedang lapar? Tunggu dulu! Sebaiknya batasilah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh anda. Bagilah makanan tersebut dalam porsi yang lebih kecil. Ini terbukti efektif untuk mencegah rasa lapar yang berlebihan.

Jangan Gunakan Tempat Makan Transparan
Salah memilih tempat atau wadah untuk makan ternyata berdampak kurang baik pada diet. Wadah makan yang transparan dapat membuat makanan anda gampang terlihat. Berdasarkan penelitian International Journal of Obesity Amerika, perempuan makan 71% lebih banyak apabila tempat makan yang digunakan transparan. Jadi hindarilah hal tersebut.

Jangan lupa share ke sosial media seperti facebook dan twitter. Terima kasih telah membaca artikel tentang cara mengurangi nafsu makan yang ditulis oleh goodforthegoosey.blogspot.com.