4 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Ampuh!

Pernahkan anda merasa tidak nyaman dengan bau mulut ketika berinteraksi dengan seseorang? Nah berikut ini beberapa tips dan cara menghilangkan bau mulut agar anda merasa lebih percaya diri. Sebelum itu, ketahui dulu apa saja penyebab bau mulut seperti ulasan berikut ini.

cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang

Penyebab Bau Mulut

Bau mulut maupun bau badan lainnya tentu akan sangat mengganggu anda jika tidak diatasi. Penyakit gigi, mulut kekurangan air putih, obat - obatan, dan makanan seperti jengkol adalah penyebab bau mulut yang paling umum. Selain itu, timbulnya bau mulut dapat dipacu dengan kebiasaan merokok. Sebelum membahas cara menghilangkan bau mulut dengan cepat, sebaiknya ketahui penyebabnya seperti ulasan tips kesehatan dari kami:

Masalah hati
Sindrom lemak maupun penyakit kuning merupakan beberapa masalah hati yang sering terdengar. Apabila organ hati bermasalah, tentu hal itu berpengaruh pada bau mulut. Hati memiliki peran dalam metabolisme lemak. Jika hati tidak melakukan tugas tersebut, maka jumlah bakteri di mulut meningkat.

Sariawan
Sariawan sering kali dianggap dapat menyebabkan bau mulut. Hal ini memang benar adanya, sebab ketika sariawan terdapat pembentukan nanah dan infeksi pada mulut.

Perdarahan gusi
Jika anda termasuk orang yang menderita gusi berdarah, hal tersebut perlu diperhatikan. Bekas gusi berdarah kadang menumpuk dalam mulut sehingga sering menyebabkan aroma mulut tidak sedap.

Infeksi tenggorokan
Bila Anda menderita infeksi tenggorokan, bakteri kadang-kadang memecah sel-sel dari saluran bronkial dan menghasilkan lendir yang berbau tidak sedap.

Gagal ginjal
Gagal ginjal merupakan salah satu alasan medis yang memicu bau mulut. Akibatnya, bau mulut selalu tercium tidak sedap.

Infeksi tenggorokan
Apabila anda memiliki infeksi tenggorokan, kadang bakteri memecah sel saluran bronkial. Sel yang pecah tersebut akan menghasilkan cairan yang memiliki bau tak sedap. Gagal ginjal Salah satu alasan medis mengapa bau mulut dapat terjadi ialah karena gagal ginjal.

Diet
Ternyata diet juga termasuk penyebabnya. Mengapa? Kadar protein yang tinggi pada makanan dapat memicu bau mulut. Ini disebabkan asam amino berfungsi sebagai tempat berkembangnya bakteri mulut. Nah, baca cara diet yang baik untuk mengetahui solusi diet tanpa menyebabkan bau mulut.

Obesitas
Tahun 2007, sebuah studi meneliti bahwa orang yang obesitas berpotensi memiliki bau mulut lebih tinggi. Ternyata organism yang tinggal di usus pada orang yang menderita obesitas dapat memproduksi gas yang dapat menyebabkan bau mulut. Mikroba tersebut berjumlah 30% lebih tinggi pada orang obesitas.

Alkohol
Meminum alkohol yang terlalu banyak dapat membuat kelenjar ludah anda mengering. Air liur yang bertindak dalam menghilangkan bau mulut oleh bakteri menjadi tidak berfungsi. Jadi hindarilah mengonsumsi alkohol.

Melewatkan sarapan
Tidak hanyak perut yang merasakan manfaat dari sarapan, tetapi mulut juga. Jika alkohol membuat kelenjar ludah mengering, maka sebaliknya sarapan membantu mendorong produksi air liur pada mulut yang kemudian dapat menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

Setelah mengetahu apa saja faktor yang membuat mulut anda memiliki bau tak sedap, berikut ini tips dan cara menghilangkan bau mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Setelah anda membaca berbagai penyebab bau mulut seperti yang disebutkan di atas, berikut disajikan beberapa tips untuk mencegah bau mulut. Apakah anda sudah melakukannya?

Rutin menyikat gigi dan berkumur
Cara menghilangkan bau mulut yang alami ialah dengan menggosok gigi. Tentu hal ini dapat mencegah plak gigi yang menumpuk. Lakukanlah penyikatan gigi dengan cara yang baik, pasta gigi berfluor juga direkomendasikan agar hasil lebih optimal. Selain itu berkumur juga wajib anda lakukan. Jika diperlukan, anda dapat menggunakan obat kumur klorheksidin (tidak boleh digunakan lebih dari 2 minggu berturut - turut).

Perbanyak vitamin C
Salah satu cara menghilangkan bau mulut ialah dengan memakan makanan yang mengandung banyak vitamin C yang mana merupakan pencegah bau mulut yang alami. Misalnya apel, bengkuang, wortel. Usahakan perbanyak konsumsi sayuran dan buah - buahan.

Cara menghilangkan Bau Mulut dengan Air Putih
Imun tubuh dapat dijaga dengan meminum air putih secara teratur. Selain itu, dengan air putih maka akan menjaga tetap adanya cairan pada mulut. Hal ini diperlukan untuk menghindari bau mulut.

Terakhir, kurangilah makanan dan minuman yang menjadi pemicu munculnya bau mulut. Jika memang anda tidak bisa menguranginya, hendaknya sikat gigi dan berkumurlah. Apalagi jika makanan tersebut sangat menimbulkan bau, misalnya jengkol dan bawang.

Terima kasih telah menyimak ulasan dari goodforthegoosey.blogspot.com. Tinggalkanlah komentar pada kolom yang disediakan. Jangan lupa pula untuk share artikel ini melalui facebook, twitter dan google plus :)

Demikain artikel cara menghilangkan bau mulut secara alami.

Sumber : caraperempuan.com