5 Tips Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Berjerawat

Dengan cara mengatasi wajah berminyak yang dibahas pada artikel ini, anda akan mendapat wajah cantik dan cerah yang akan menambah rasa percaya diri anda. Jangan biarkan wajah anda berminyak berlebih, sebab hal ini sangat erat kaitannya dengan masalah jerawat. Oleh karena itu simak ulasan berikut baik - baik:

Mencuci wajah dua kali dalam satu hari sebenarnya cukup guna menghilangkan kotoran dan minyak yang berlebih. Akan tetapi, anda perlu mengetahui apa saja yang termasuk penyebab minyak pada wajah pada ulasan goodforthegoosey.blogspot.com berikut.

cara mengatasi wajah berminyak secara alami

Penyebab Kulit Berminyak

Gen 
Faktor pertama mengapa wajah seseorang berminyak ialah keturunan. Apabila wajah orang tua serta anggota keluarga yang lain kebanyakan memiliki wajah berminyak, faktor genetik mungkin penyebab di sini.

Obat dan produk yang salah 
Apabila anda sedang sakit dan mengonsumsi obat. Hendaknya perhatikan pula efek samping yang diberikan. Kadang wajah dapat mengeluarkan minyak berlebih karena konsumsi obat yang kurang tepat. Apabila anda tipe orang yang gemar memakai produk kecantikan kulit, hendaknya juga perhatikan produk tersebut sebab belum tentu kulit anda dapat menyesuaikan bahan kimia yang terkandung. Sangat disarankan anda berkonsultasi dengan dokter.

Perubahan hormon
Hormon yang berubah pada seseorang tentunya wajar, apalagi pada wanita yang menstruasi, hamil, dan menopause. Perubahan hormon tersebut mendorong minyak berlebih.

Alat kecantikan 
 Selain produk, penggunaan alat kecantikan yang kurang tepat dapat mengganggu kesehatan kulit anda. Contohnya, peggunaan sikat dan bedak yang mengurangi kelembapan kulit.

Tanning 
Apakah anda mengetahui tanning? Proses pewarnaan kulit atau yang lebih kerap disebut tanning memiliki dampak kurang baik bagi kulit. Walaupun kulit terlihat kering pada awal tanning, namun sering kali akhirnya tubuh mengeluarkan minyak lebih.

Stress 
Jika anda stress, maka hormon kortisol akan diproduksi. Fungsi hormon ini ialah menjadikan anda lebih waspada, sehingga otak akan lebih cepat mengatasi masalah yang dapat menyebabkan stress. Akan tetapi, apabila hormon ini terlalu diproduksi, maka kortisol menjadi bencana bagi kesehatan kulit, yakni produksi minyak dari kelenjar semakin bertambah.

Siklus menstruasi 
Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa perubahan hormon dapat menjadikan kulit lebih mudah berminyak. Siklus menstruasi termasuk ke dalam faktor yang satu ini.
Nah, perawatan untuk wajah berminyak bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti yang diulas berikut:

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami

Menggunakan Buah Alpukat
Cara mengatasi wajah berminyak yang pertama ialah dengan memanfaatkan buah alpukat. Buah ini dipercaya berkhasiat menyerap minyak di kulit termasuk minyak di wajah anda.Dengan membubuhkan alpukat yang sudah dihaluskan ke wajah anda secara merat.Diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Air Hangat
Ambil handuk kecil yang dicelupkan ke air hangat.Lalu kompres menjelang tidur selama beberapa menit.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Masker Apel
Perlu diketahui apel memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah sel kulit dari kerusakan. Selain itu, elastin dan kolagen pada apel dapat membantu kulit tetap muda. Cara penggunaannya cukup mudah, blender satu buah apel dengan campuran madu dan air mawar, lalu gunakan pada wajah. Kulit anda akan terlihat lebih cerah dan muda.

Cara Merawat Wajah Berminyak dengan Tabir Surya
Apabila anda ingin menjaga kulit dari minyak berlebih, anda harus mencermati pula sinar UV yang menyerang kulit anda. Gunakan tabir surya SPF 30 atau lebih. Hindari pelembab yang terkandung pada suatu produk tabir surya.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Masker Mangga
Vitamin A serta kandungan antioksidan pada mangga dapat membantu untuk mencegah penuaan kulit, regenerasi serta mengencangkan kulit wajah.

Dan tentu saja, yang sangat direkomendasikan tak lain ialah masker madu. Salah satu fungsi madu ialah menghilangkan bekas jerawat, selain itu anda juga dapat mengatasi masalah kecantikan lainnya seperti halnya cara mengatasi wajah berminyak dengan madu.

Nah kurang lebih seperti itu cara mengatasi wajah berminyak. Terima kasih anda telah membaca artikel ini. Jangan lupa share ke sosial media facebook twitter dan lainnya melalui tombol - tombol di bawah ini :)

Demikian artikel cara mengatasi wajah berminyak dan berjerawat.

Sumber : caraperempuan.com