8 Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Tradisional

Cara membersihkan karang gigi secara tradisional - Sebenarnya selama anda rutin membersihkan kotoran di gigi dengan benar, maka plak dapat dibersihkan sebelum terlanjur mengeras dan terjadi endapan. Dengan itu pembentukan karang gigi pun dapat dihindari. Namun sering kali orang - orang tidak memperhatikan hal kecil untuk mencegah pembentukan karang tersebut, misalnya saja menggosok gigi dua atau tiga kali sehari, dapat dilakukan sesudah makan dan sebelum tidur.

cara membersihkan karang gigi secara tradisional


Tingkat pembentukan karang gigi pada setiap orang umumnya berbeda. Dan perlu digaris bawahi, selain karies, penyebab paling sering munculnya kerusakan gigi ialah karang. Jika anda tidak rajin membersihkan gigi, kuman yang bersarang pada mulut akan membentuk plak yang semakin tebal. Oleh sebab itu, simak ulasan kami tentang cara membersihkan karang gigi yang kuning seperti yang dikupas di bawah ini

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Menyikat gigi minimal dua kali sehari
Sikat gigi adalah hal paling dasar jika anda tidak ingin plak semakin menebal. Perlu diperhatikan cara anda dalam memersihkan bagian gusi, yakni pada gusi bagian atas, gosoklah dari arah atas ke bawah. Sedangkan pada gusi bagian bawah, arahkan sikat dari bawah ke atas. Lakukan pula secara teratur.

Menggunakan biji asam kawak
Cukup dengan menyangrai beberapa buah biji asam kawak yang kemudian dihaluskan dan ditumbuk halus. Anda dapat menggunakannya sebagai bahan untuk menggosok gigi. Bubuk biji tersebut efektif untuk mengikis karang gigi dengan bertahap.

Menggunakan cengkeh
Selain membuat nafas lebih segar, biji cengkeh yang ditumbuk halus juga dapat digunakan untuk membersihkan karang. Bedanya dengan biji asam kawak, biji cengkeh tidak perlu disangrai, cukup ditumbuk.

Konsumsilah apel dengan rutin
Apel terbukti ampuh untuk menghilangkan sisa - sisa makanan yang menempel menjadi plak. Cukup cuci bersih buah apel lalu makan tanpa mengupas kulitnya. Dengan mengonsumsi apel secara rutin, gigi akan terhindar dari plak. Baca juga: manfaat buah apel.

Cara Mencegah Karang Gigi

Perhatikan suhu makanan anda
Makanan yang terlalu dingin maupun panas tidak baik sebab dapat mempercepat kerusakan pada gigi. Apalagi meminum es seketika itu juga setelah memakan masakan yang panas. Maka hindarilah hal ini

Gunakan pasta gigi anti plak
Salah satu cara membersihkan karang gigi dengan cepat berikutnya ialah memperhatikan penggunaan pasta gigi anda sehari - hari. Hendaknya anda menggosok gigi menggunakan pasta yang diformulasi khusus untuk mencegah terbentuknya karang gigi.

Berkumur menggunakan obat kumur berformula
Rajinlah berkumur setelah memakan makanan berat maupun cemilan ringan. Dokter gigi merekomendasikan untuk berkumur menggunakan cairan berformula khusus untuk menghilangkan kuman di mulut. Selain bebas dari plak gigi, ini juga termasuk dalam cara menghilangkan bau mulut dengan ampuh.

Bersihkan sisa makanan pada sela gigi
Cara membersihkan karang gigi yang terakhir dengan membersihkan sisa makanan. Jika anda termasuk orang yang meninggalkan meja makan, kemudian beraktivitas begitu saja setelah menyantap hidangan, maka rubahlah kebiasaan tersebut. Anda disarankan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada sela - sela gigi. Jika tidak sempat menggosok gigi, gunakan saja lidi khusus.

Jangan lupa bagikan artikel ini pada rekan anda lewat facebook dan twitter agar semakin bermanfaat.
Terima kasih telah mengikuti artikel tips kecantikan tentang cara membersihkan karang gigi secara alami.